Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Penyederhanaan



Satuan Pendidikan : SMA PGRI Mnelalete
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Kompetensi Dasar : Menjelaskan dan Menentukan Limit Fungsi Trigonometri
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit


I. Tujuan

Melalui model Discovery Learning berbasis diskusi, siswa dapat memahami pengertian limit fungsi dan mendeskripsikan grafik fungsi trigonometri secara berkelompok dan kerja sama.

II. Kegiatan Pembelajaran

a) KEGIATAN PENDAHULUAN

• Guru menyampaikan apersepsi dengan mengulang kembali materi sebelumnya, mengaitkan pengalaman belajar siswa yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.

• Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan.

• Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran.

b) KEGIATAN INTI

Literasi

Siswa diberi bahan tayangan dan bahan bacaan terkait materi limit fungsi dan grafik fungsi trigonometri untuk mengamati, membaca dan menuliskan kembali sebagai masalah awal dalam pembelajaran hari ini.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan materi limit fungsi dan grafik fungsi trigonometri yang belum dipahami oleh siswa. Siswa di pacu oleh guru agar setiap pertanyaan yang di sampaikan berbasis kontekstual.

Collaboration

Siswa dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai materi limit fungsi dan grafik fungsi trigonometri.

• Communication

Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan. 

Creativity

Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari terkait materi limit fungsi dan grafik fungsi trigonometri, kemudian siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dan membuat rangkuman.

c) KEGIATAN PENUTUP

• Guru bersama siswa merefleksikan pengalaman belajar.G

• Guru memberikan penilaian tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa.

• Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


III. Penilaian (Assesment)

a. Afektif : Lembar Pengamatan (Penilaan Diri, Teman Sebaya dan Penilaian Guru)

b. Cognitif : Lembar Kerja Siswa dan Penugasan (Portofolio)

c. Psikomotorik : Kinerja dalam diskusi kelompok


Mnelalete, Februari 2022

Mengetahui,

Kepada Sekolah


Guru Mata Pelajaran,

Komentar

Postingan Populer